-->

Soal Essay Photoshop Beserta Jawabannya Bagian-8

Melanjutkan tulisan soal essay photoshop dengan jawabannya bagian ke tujuh, materi kedelapan tentang soal-soal photoshop bagian kedelapan berisikan pertanyaan dari nomor 46 sampai dengan 50. Berikut ini soal dan contoh jawabannya:

46. Fungsi dari submenu image size pada menu image adalah....
jawab: Image size berfungsi mengubah ukuran image. Dengan image size kita dapat mengubah resolusi gambar, namun perlu diperhatikan aturan umum yang berlaku di kalangan graphic designer, yaitu "memperkecil ukuran gambar selalu lebih baik daripada memperbesarnya". Artinya, jika kita akan membuat membuat image baru, usahakan lebih besar dari ukuran yang tercetak. Caranya adalah dengan memiliki image yang beresolusi cukup baik.

Untuk keperluan desain grafis resolusi image minimal yang kita perlukan sekitar 250 hingga 300 dpi. Angka tersebut menunjukkan jumlah pixel yang terdapat dalam satu inc image. 300 dpi berarti ada 300 pixel yang membentuk image tiap satuan inci. Memperbesar image artinya membuat pixel menduplikasikan dirinya sehingga membuat gambar terlihat buram dan pecah.

47. Apa perbedaan submenu canvas size dan pixel aspect ratio?
jawab: Canvas size berfungsi mengubah ukuran bidang gambar atau canvas tanpa memperbesar image. Sedangkan Aspect ratio mengubah ukuran dan rasio pixel untuk kebutuhan video.

48. Jelaskan fungsi dari Crop dan Rotate Canvas, dan cara kerjanya!
jawab: Crop berfungsi memotong (cropping) image. Klik dan geser pointer pada canvas untuk melihat bidang yang akan di-crop. Bidang yang gelap akan terpotong, sedangkan yang terang tidak. Sedangkan Rotate Canvas mengubah sudut kemiringan bidang gambar sesuai pilihan yang tersedia, atau kita bisa memasukkan sendiri angka dan arah derajat kemiringan yang diinginkan lewat perintah Arbitrary. Disini ada pula pilihan untuk membalik (flip) image secara vertikal dan horizontal.

49. Jelaskan perbedaan submenu Trap, Trim dan Reveall All pada menu image!
jawab:

  • Trap berfungsi memperbaiki kesalahan alignment pada image.
  • Reveall all berfungsi melakukan reval pada image
  • Trim berfungsi memotong image hingga pixel terluar. Hasilnya adalah pinggiran image yang kita kerjakan akan sangat menempel ke garis batas canvas.
50. Apa yang Anda ketahui tentang layer properties dan layer style?
jawab: Layer properties dan layer style merupakan submenu yang ada menu layer photoshop. Layer properties berfungsi menampilkan informasi, memberinya nama, sekaligus memberikan label berwarna pada layer sehingga mudah dikenali.

Sedangkan Layer style berfungsi membuat variasi efek pada layer, seperti bayangan, inner glow, dan lain-lain, serta mengubah mode opacity dan blending yang akan dipergunakan pada image. Dalam menu blending options kita akan menemukan fasilitas yang sangat menarik, seperti drop shadow untuk memberikan dan mengatur efek bayangan, bevel dan emboss yang memberikan efek emboss atau cetak timbul lengkap dengan pilihan contour dan texture. Setelah itu masih ada lagi inner glow, outer glow, satin, color overlay, dan lain-lain.

Untuk nomor 51-55, silahkan baca selanjutanya: soal essay photoshop beserta jawabannya bagian-9

Baca juga: ebook dan tutorial gratis:

0 Response to "Soal Essay Photoshop Beserta Jawabannya Bagian-8"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Terkait