-->

Pembabakan Zaman Prasejarah

Sebagai lanjutan dari artikel tentang Pengertian Sejarah kali ini saya akan membahas tentang Pembabakan Zaman Prasejarah. Zaman Prasejarah adalah Zaman dimana manusia belum mengenal tulisan. Zaman Prasejarah Indonesia dimulai sejak manusia lahir atau adanya kehidupan di Indonesia. Zaman ini berlangsung terus menerus sampai ditemukannya peninggalan-peninggalan tertulis seperti prasasti dan sejenisnya yang menggambarkan manusia Indonesia waktu lampau.

zaman prasejarah

Pembabakan Zaman Prasejarah

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan para ahli dan pakar sejarah memunculkan istilah Pembabakan Zaman Prasejarah. Dari berbagai sumber kami menyimpulkan bahwa pembabakan zaman prasejarah dibedakan berdasarkan kurun waktu dan umur penemuan benda-benda sebagi sejarah. Secara umum zaman prasejarah dikategorikan menjadi dua zaman yaitu zaman Batu dan Zaman Logam.

1. Zaman Batu

Zaman Batu merupakan salah satu kategori Pembabakan Zaman Prasejarah. Istilah Zaman Batu muncul karena pada zaman itu alat atau benda penunjang kehidupan manusia sebagian besar terbuat dari batu. Alat atau benda tersebut digunakan untuk mencari dan mengolah makanan. Dari benda tersebut maka dapat diketahui bagaimana cara mereka (manusia) bertahan hidup dan melakukan kegiatan setiap harinya.

Di Zaman Batu ini perlahan manusia yang berpikiran secara sederhana terus mengalami perkembangan kearah yang lebih kompleks. Hal ini dibuktikan dengan alat-alat yang ditemukan mengalami perkembangan dari yang tekstur nya kasar menjadi benda yang halus. Meskipun disebut zaman batu, kehidupan manusia saat itu tidak hanya didukung oleh peralatan yang terbuat dari batu saja. Tetapi ada juga yang terbuat dari bambu dan kayu untuk membantu mereka mempertahankan hidup.

Zaman Batu ini dikategorikan menjadi berikut ini :
  1. Zaman Batu Tua (Paleolitikum)
  2. Zaman Batu Madya (Mesolitikum)
  3. Zaman Batu Muda (Neolitikum)
  4. Zaman Batu Besar (Megalitikum)

2. Zaman Logam

Zaman Logam merupakan salah satu zaman dalam Pembabakan Zaman Prasejarah. Istilah Zaman Logam ada karena disebabkan alat-alat penunjang kehidupan manusia saat itu sebagi besar terbuat dari logam. Berdasarkan penemuan benda-benda dari logam ini memunculkan pendapat bahwa manusia saat itu sudah mengenal hubungan dagang antara bangsa Indonesia dengan bangsa Asia alin yang telah mengenal logam.

Artikel Terkait:
Pengertian Sejarah
Pembabakan Zaman Praaksara

Pendapat ini tentu menjadi perdebatan para ahli sejarah saat ini, karena hubungan dagang sendiri dikenal pada saat jaman sejarah. Jika terbukti bahwa pendapa tersebut benar maka benda-benda logam ini merupakan hasil dari persebaran bangsa atau manusia ke wilayah bangsa lain.

Menurut sumber-sumber yang kami kumpulkan zaman logam ini dikategorikan lagi berdasarkan penemuan jenis logam oleh para ahli. Berikut ini adalah pembagian zaman logam diantaranya seperti berikut ini :
  1. Zaman Tembaga
  2. Zaman Perunggu
  3. Zaman Besi
Demikian pembahasan tentang Pembabakan Zaman Prasejarah secara jelas semoga bermanfaat. Untuk mengikuti update artikel sejarah lainnya silahkan kunjungi blog pendidikansejarah.com.

0 Response to "Pembabakan Zaman Prasejarah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Terkait